Matrix is the Best SMS Gateway software since 2001

Selasa, 16 Juni 2015

Cara membuat sms gateway

Cara membuat sms gateway
Cara membuat sms gateway
Sesuai sama janji saya tempo hari, hari ini kita bakal ulas tentang langkah bikin Aplikasi Pengolah SMS gateway dengan PHP. Tulisan ini sekalian jadi episode ke-2 (sinetron kali ah...) dari seri Bikin Aplikasi SMS Gateway dengan GAMMU serta PHP. Cara membuat sms gateway

Contoh yang bakal saya berikanlah ini adalah contoh simpel yang di buat dengan PHP Prosedural, serta Databasenya memakai MySQL. Gammu sendiri sediakan sebagian format database yang dapat kita pakai. Dari contoh ini agan bakal memperoleh deskripsi tentang langkah kerja SMS Gateway nya.

Untuk ikuti tutorial ini, pada awal mulanya agan mesti telah meng-install serta lakukan konfigurasi pada Gammu. Bila belum silakan baca kembali tulisan saya tentang " Instalasi Gammu Step by Step ". Lantaran kita memakai PHP, jadi tentu kita membutuhkan Situs Server untuk menjalankannya. Untuk contoh ini saya memakai XAMPP, ini dapat telah saya terangkan pada tulisan pada awal mulanya.

Pada intinya yang bakal kita lakukan di sini adalah manfaat CRUD (Create, Read, Up-date, Delete). Aplikasi yang kita buat ini cuma berhubungan dengan Database saja, jadi pada intinya agan dapat memakai bhs pemrograman apa pun untuk bikin aplikasi sejenis ini sepanjang Databasenya disuport oleh Gammu.

Berhubung tulisannya panjang, jadi tidak muat di situs (blog). Saya siapkan versus PDF saja ya. Oke dah, dari pada ngedengerin saya ngomong gak terang, mending kita segera ke T... K... P...

1. Download Bikin Aplikasi SMS Gateway Simpel dengan PHP
2. Download Sourcode SMS Gateway

Buat perbandingan lia dibawah ini
  Lawoo SMS Gateway yaitu aplikasi yang berperan untuk memudahkan pengembangan program yang berbasis SMS memakai Modem GSM. Aplikasi ini sangatlah gampang didalam pemakaiannya. Sangatlah pas untuk Mahasiswa Informatika yang tengah kerjakan Pekerjaan Akhir dengan mengambil SMS Gateway juga sebagai proyeknya. Terkecuali untuk mahasiswa, Lawoo SMS Gateway ini dapat pas dipakai untuk pengembang software didalam bikin aplikasi berbasis SMS, umpamanya SMS Pilkada, SMS Quick Count, SMS Quiz, SMS untuk Sekolah, SMS Banking, dan lain-lain.

Software Lawoo SMS Gateway ini mempunyai fitur-fitur paling utama seperti berikut :

1. Membaca SMS
2. Kirim SMS
3. Meniadakan SMS
4. Info Modem (Merk, Jenis, IMEI)
5. Mensupport multi modem.
6. Long SMS (SMS Lebih Dari 160 Ciri-ciri), Bila modem mendukung
7. USSD, Untuk Teliti Pulsa bila modem mendukung
8. Deteksi modem automatis.
9. Gampang dipakai berbasis visual.

Bila anda memakai Modem GSM yang umum dipakai untuk Akses Internet (Contoh Telkomselflash). Ketika memakai aplikasi ini, yakinkan bahwa modem Anda tak tengah dipakai, atau tak ada program yang tengah jalan memakai modem.

Sebagian feature seperti Long SMS serta USSD bergantung dari dukungan masing-masing modem (Baca manual modem yang anda pakai).

Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat SMS Gateway sendiri dengan Gammu dan PHP.
Membuat SMS Gateway untuk Pemula Dengan Gammu dan PHP

Yang perlu dipersiapkan adalah :
1. Local WebServer seperti XAMPP , AppServ , WAMP
1. Aplikasi Gammu, saya memakai OS Windows karena kebanyakan orang pakai Sistem Operasi ini
2. Modem Plug n Play (Modem GSM,Modem CDMA)
3. Sebuah kartu GSM/CDMA yang sudah terisi pulsa ( kalau tidak ada pulsa mau ngapain? :D )
4. Sedikit mengetahui pemrograman PHP , jika belum tahu apa itu PHP silahkan lihat artikelnya di sini

Hanya itu? ya benar, hanya itu saja yang diperlukan.

Berikut modul step by step nya :
1. Installasi Local Web Server
2. Installasi Gammu
3. Konfigurasi Gammu
4. Mengirim SMS dengan Gammu
5. Membuat auto reply SMS dengan Gammu

panduan lain cara membuat sms gateway


4. user = root5. password = passwordroot6. pc = localhost7. database = smsCatatan : menghilangkan sinyal # di depan parameter-parameter diatas apabila ada.
Langkah Ketujuh (Bikin Gammu Service)
Langkah ini mempunyai tujuan untuk bikin service Gammu di Windows. Dengan dibuatnyaservice di Windows ini kita dapat lebih gampang menjalankannya tanpa ada memakai perintahtertentu di command prompt. Untuk bikin Gammu service di Windows, ketikkan perintah ini di DOS PROMPT setelahAnda masuk ke folder ‘
C : gammu
‘. 1. gammu-smsd -c smsdrc -iNah.. apabila ada konfirmasi bahwa sistem pembuatan service berhasil, jadi Anda bakal melihatservice Gammu nampak pada daftar service yang jalan di Windows. Service ini dapat dilihatmelalui ‘CONTROL PANEL Administrative Tools Services’. Nah.. untuk menjalankanservice Gammu ini tinggal klik START pada service Gammu itu. Tetapi apabila sistem pembuatan service ini tidak berhasil, jadi silahkan teliti kembali konfigurasiSMSDRC nya atau mungkin saja nama databasenya salah, atau dapat pula command yangdituliskan salah.

B. MENGHUBUNGKAN SMS GATEWAY DENGAN WEB ANDALangkah Pertama (Persiapan)
Untuk menghubungkan SMS Gateway dengan situs anda ada 2 cara yang dapat dikerjakanyaitu dengan cara direct connection (IP Umum) maupun situs service (SOAP). Kesempatan ini yangakan kita ulas yaitu cara direct connection yang memerlukan persiapan sebagaiberikut : 1. Koneksi internet stabil serta unlimited, dapat memakai speedy2. IP Umum statik dari ISP (untuk hal semacam ini IP umum mesti masuk ke router agar dapat diaksesdari internet, untuk lebih detilnya silakan baca artikel Bikin server hosting sendiridengan speedy serta mikrotik serta Setting Mikrotik PPPoE juga sebagai gateway speedy3. Mikrotik Router (PC Router/RouterBoard)
Langkah Ke-2 (Bikin script PHP untuk kirim SMS)
OK.. saat ini kita bakal coba bikin script PHP simpel untuk kirim pesan SMSyang terintegrasi dengan Gammu ini. Langkah pertama kita buat form untuk kirim pesan SMS nya terlebih dulu.
form_sms. php

1. form method= " post " action= " send. php " 2. No. HP Maksud : input jenis= " text " name= " nohp " value= " +62 "
3. Pesan : textarea name= " msg "/textarea
4. input jenis= " submit " name= " submit " value= " Kirim SMS " 5./formLangkah ke-2, kita buat script php untuk kirim pesannya.
send. php
1.? php2. $noTujuan = $_POST'nohp' ; 3. $message = $_POST'msg' ; 4. 5. exec ('c : gammugammu-smsd-inject. exe -c c : gammusmsdrc EMS '. $noTujuan. ' -text " '. $message. ' " ') ; 6. 7.? Perintah exec () dalam PHP dipakai untuk menggerakkan perintah command DOS dalam halini yaitu perintah command inject nya Gammu.

Lantaran command inject Gammu pada script diatas memakai format EMS makamemungkinkan kita kirim SMS dengan jumlah ciri-ciri kian lebih 160 buah. Oya… saat sebelum Anda menggerakkan script diatas, yakinkan bahwa service Gammu nya telahAnda lakukan, serta HP Anda tercolok ke PCSekarang… bagaimanakah apabila pengiriman SMS dari script diatas memakai query INSERT? Ini dia scriptnya.
send. php
01.? php02. mysql_connect (" dbhost ", " dbuser ", " dbpass ") ; 03. mysql_select_db (" sms ") ; 04. 05. $noTujuan = $_POST'nohp' ; 06. $message = $_POST'msg' ; 07. 08. $query = " INSERT INTO outbox (DestinationNumber, TextDecoded, CreatorID) VALUES ('$noTujuan', '$message', 'Gammu') " ; 09. $hasil = mysql_query ($query) ; 10. if ($hasil) echo " SMS sukses di kirim " ; 11. else echo " SMS tidak berhasil di kirim " ; 12. 13.?

Langkah Ketiga (Terhubung script PHP di atas lewat internet)
Sesudah anda membaca serta mempraktekkan langkah ke-2 di step persiapan anda telah bisamengakses form pengiriman SMS anda dari internet, contoh : apabila script PHP di atas pada saat anda mengaksesnya melalui localhost memakai URL
http :// localhost/form_sms. php
jadi untuk mengaksesnya dari internet URL berubahmenjadi
http :// IP_Publik_ISP/form_sms. php
. Apabila anda mau URL menggunakansubdomain anda misal
http :// sms. domainanda. com/form_sms. php
, anda tinggalmenambahkan A Record di DNS Record hosting anda yang mengarah ke IP Umum dari ISPanda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara membuat sms gateway

0 komentar:

Posting Komentar